Rabu, 03 Desember 2008

Bikin Effect Gelas pake 3Dsmax 6

Oleh : Kang Azzam [kampungdesign.co.cc]

Lathe, adalah salah satu perintah di 3dsmax yang akan kita gunain pada tutorial kali ini. Untuk lebih jelasnya kita mulai aja oke??
1.Buat sebuah garis pada Viewport Front, ampe keliatan kayak gini :

2. Pada Menu Modifier, klik Patch/Spline > Lathe
3.Klik kanan pada objek terpilih, trus pilih Axis (bukan Axis Operator GSM Bos!!!)
4.Klik kanan pada objek terpilih, trus pilih Move deh..
5.Tarik pada arah Sumbu X ampe tampak kayak gini :



Udah jadi deh gelasnya, tinggal kita kasih effect bro…biar keliatan kayak beneran.he…
6.Sekarang saatnya kita kasih material pada gelas tersebut. Caranya tekam tombol [M] di keyboard. Klik [Get material].




7.Pada material/Map Browser, klik ganda [Reytrace]. Lalu tutup kotak dialog material/map Browser. Ubah nilai-nilai yangada pada Reytrace Basic Parameters Roll-Up kayak gini :



dah itu drag deh slot material yang dah kita atur tadi tepat mengenai objek gelas!! Lihat hasilnya…Uppps, gelap! Baiklah, kita coba buat somethink agar dapat dipakai sebagai tolak ukur apakah objek tersebut dah kayak kaca transparan.

8.Buatlah 3 buah kotak kayak, atur posisinya ampe keliatan kayak gambar nih :



Dah itu kasih ketiga kotak tersebut dengan material yang kamu suka, disini aq pake material dinding kayu bitmap yang aku gambar pake Corel.


9.Nah kalo udah hasilnya kayak gini niih, dengan sedikit tambahan pencahayaan dengan Omni Light….bagus gk bro ???


Hasil Akhir Gambar Gelas, ampe jumpa di tutorial berikutnya..

0 komentar:

About This Blog

Pengikut

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP